2/15/2022

Siska Yuniati: enam poin yang perlu diingat dalam penyusunan bahan ajar


Bantul, Abasrin.com--Bahan ajar disusun agar pembelajaran lebih menyenangkan dan memudahkan siswa memahami materi. Atas inisiatif tersebut, MGMP Bahasa Arab Kabupaten Kebumen menggelar acara webinar pada Senin, (14/2). 

Didapuk sebagai pembicara adalah Siska Yuniati, Guru MTsN 3 Bantul. Menurut Siska, dalam penyusunan bahan ajar, setidaknya memperhatikan enam hal, yaitu petunjuk belajar, kompetensi, informasi pendukung/materi, latihan, lembar kerja, dan evaluasi.

"Latihan pada bahan ajar digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi. Lembar kerja digunakan saat pembelajaran berlangsung. Sementara itu, evaluasi difungsikan sebagai instrumen penilaian kompetensi yang ingin dicapai," ungkap Siska. 

Ketua MGMP Bahasa Arab Kabupaten Kebumen, Sarifudin, S. Pd.I, M.Pd. dalam sambutannya menargetkan, setelah mengikuti webinar, peserta akan membuat bahan ajar. 

Acara yang berlangsung pagi hingga siang itu tidak saja dihadiri anggota MGMP Bahasa Arab Kabupaten Kebumen, tetapi juga guru bahasa Arab dari kabupaten lain di Jawa Tengah serta dari Jawa Timur. Peserta antusias memberikan pertanyaan. Para peserta berharap bahan ajar dapat disusun dengan baik dan sesuai target. (nty)

Administrator Abasrin.com