5/16/2020

Sebanyak 940 guru ikuti seminar nasional menulis era pandemi Covid-19



Abasrin.com--Sebanyak 940 guru mengikuti seminar menulis yang diselenggarakan Ikagan Guru Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (15/5). Prof. Suyanto, Ph.D. menjadi narasumber tunggal seminar yang bertajuk "Menggerakan Budaya Menulsi di Era Pandemi Covid-19 itu".

Dalam paparannya, Prof. Suyanto membagi masyarakat menjadi enam tipe, yaitu (1) doing nothing, (2) watching, (3) listening, (4) reading, (5) writing, dan (6) learning society. Menulis berada pada posisi keenam. Rektor UNY periode 1999-2005 itu mengungkapkan, seorang penulis memerlukan aktivitas membaca sebagai bahan tulisannya.

Selain menjadi bahan tulisan, membaca membuat guru belajar banyak tentang tulisan orang lain sehingga dapat dijadikan sebagai model dalam belajar menulis. Membaca diibaratkan dengan seseorang yang melihat iklan, dapat menyaksikan langsung hasil dari sebuah produk.

Ketua IGI DI Yogyakarta, Sugeng Andono, menyampaikan bahwa seminar diikuti 940 peserta dari dalam dan luar negeri. Moderator kegiatan ini adalah Muhtadi Zubeir dengan host Eko Pratiwiningsih. (*)

Administrator Abasrin.com

This Is The Newest Post