2/23/2022

Siska Yuniati: buku apa yang Anda baca hari ini?


Bantul, Abasrin.com--Buku apa yang Anda baca hari ini? Pertanyaan tersebut mengawali pemaparan Siska Yuniati pada webinar "Membumikan Membaca, Menikmati Asyiknya Menulis", Kamis (22/2).


Dalam acara yang digelar MTsN 3 Bantul tersebut, Siska menyampaikan bahwa setidaknya orang beralasan untuk membaca karena membaca adalah perintah agama, ilmu diperoleh dengan cara membaca, dengan banyak membaca hidup menjadi lapang, dan membaca merupakan kebutuhan. Selain itu, orang yang banyak membaca akan banyak belajar. Orang yang banyak belajar akan mengunjungi banyak tempat. 


"Agar tercipta budaya membaca dalam masyarakat, di antaranya memulai dari diri sendiri, membaca hal yang disukai, perlu ada target, dan jadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan," ujar guru sekaligus peraih penghargaan internet sehat dari Indonesian ICT Partnership Association tersebut.


Selain Siska, webinar dalam rangka HUT ke 54 MTsN 3 Bantul juga menghadirkan Sutanto, guru penulis dari MTsN 3 Bantul. Dalam kesempatan tersebut, Sutanto menyampaikan pengalamannya selama proses dan capaian menulis yang telah ia lakoni. 


Webinar yang diikuti oleh guru-guru baik dari DIY maupun luar DIY berlangsung meriah. Banyak pertanyaan yang ditujukan kepada kedua narasumber. 


Hadir pada acara tersebut Kasi Dikmad Kemenag Bantul, Ahmad Musyadad. Dalam sambutannya, Musyadad menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya webinar tersebut. Harapannya literasi dapat menjadi budaya.


Kepala MTsN 3 Bantul, Sugeng Muhari, menyampaikan bahwa selama ini minat baca Indonesia rendah. Di antara seribu orang, hanya ada satu orang yang membaca. Dengan kegiatan webinar tersebut harapannya dapat andil dalam peningkatan literasi. (*)

Administrator Abasrin.com