1/30/2022

Teliti desain majalah dinding digital di MTs 3 Bantul, karya Siska Yuniati dan tim diterbitkan di Atlantis Press



ABASRIN.Com--Majalah dinding adalah salah satu media yang banyak digunakan pada pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa. Melalui majalah dinding ini, para siswa tidak hanya belajar menulis, tetapi juga belajar mendesain agar majalah yang dihasilkan mendapat perhatian dari calon pembaca.


Dalam rangka mendapatkan desain yang efektif tersebut, Siska Yuniati (MTs Negeri 3 Bantul), Mahfud Efendi (MTs Negeri 5 Tulungagung), Dewi Saripah (MTs Al Rohmah Garut ), dan Adib Nur Huda (MTs Negeri 11 Blitar) melakukan penelitian tentang desain majalah dinding. Mengingat masa pandemi dengan tuntutan pembelajaran jarak jauh, desain majalah dinding diarahkan ke bentuk digital yang bisa diakses secara online.


Hasil penelitian Siska Yuniati dan Tim menunjukkan bahwa desain yang dirancang layak untuk digunakan dengan kriteria baik untuk desain, sangat baik untuk isi. Terkait penggunaannya, majalah dinding elektronik tersebut dapat diterima siswa dengan kriteria baik. Untuk mendapatkan kriteria ini, peneliti mendapatkan penilaian dari siswa dan validator desain dan isi. Validator desain dalam penelitian ini adalah praktisi desain komunikasi visual E dan E Media Kreatif, Sabjan Badio. Sementara itu, validator isi adalah Yuni Iswari Dewi (Guru MTs Negeri 9 Bantul).


Hasil penelitian dengan judul “The Use of Electronic Wall Magazine with Graphic Design Application as Learning Media of Literature” kemudian dipresentasikan pada ICMR (International Conference Madrasah Refeform) di Hotel Shangri-la, Surabaya, 5-7 Desember 2021. Kegiatan tersebut didukung oleh Ditjen KSKK Kemenag RI dan Bank Dunia. Setelah dipresentasikan, hasil penelitian diterbitkan dalam bahasa Inggris di Atlantis Press pada 13 Januari 2022.


Penelitian ini merupakan rangkaian kegiatan dari AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia). Siska Yuniati dan tim terlibat dalam penulisan soal-soal AKMI. Selain penulis, Siska dan dua peneliti lain merupakan reviewer soal literasi membaca MTs sekaligus diberi kesempatan memonitoring pelaksanaan AKMI di madrasah ibtidaiyah daerah Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara.


Sugeng Muhari, selaku kepala MTs Negeri 3 Bantul, mengapresiasi hasil penelitian Siska dan tim. Menurutnya, tradisi ilmiah ini harus terus dipelihara dan ditingkatkan khususnya oleh guru-guru madrasah yang dipimpinnya. (SDR)

Administrator Abasrin.com