8/20/2019

Guru madrasah ikuti Diklat Jurnalistik Dikpora DIY


ABASRIN.com-Sebanyak 17 guru madrasah se-DIY mengikuti Diklat Jurnalistik Dikpora DIY. Diklat dilaksanakan dalam rangka mendorong minat guru untuk menulis. Kegiatan berlangsung tanggal 19-23 Agustus 2019 di Hotel Emersia Malioboro, Jalan Gowongan Kidul No. 34 Yogyakarta. Kegiatan yang diikuti oleh 52 guru TK, SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, serta SLB tersebut  dibuka Senin (19/8) oleh Kepala Seksi Perencanaan dan Pendataan Pendidikan, Drs. Suci Rohmadi, mewakili Kepala Dinas Dikpora DIY.


Dalam sambutannya, Suci Rohmadi berharap melalui diklat ini, guru dapat mengenal dan memunyai pengetahuan jurnalistik. Output langsung dari kegiatan ini adalah karya dalam bentuk “koran” dan buku.

“Harapannya, pada kegiatan ini, dihasilkan produk karya jadi sesuai kaidah. Guru juga diharapkan dapat menularkan ilmunya kepada siswa dan mengembangkan kegiatan jurnalistik di sekolah masing-masing,” ujar Suci Rohmadi.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan tersebut diisi oleh narasumber dari Dinas Dikpora, dosen, pemred Candra, Gembira, dan Bias. Salah satu narasumber, YB Margantoro menyampaikan pentingnya menjalin hubungan dengan media. Hubungan tersebut adalah kenal wartawan, kenal media, kunjungan media, mengirim siaran pers, mengundang wartawan, mengundang media, wisata pres, dan media forum (meliput di institusi).

Salah satu peserta kegiatan, Rina Harwati, dari MTsN 6 Bantul mengungkapkan bahwa diklat sangat bermanfaat untuk guru dalam rangka peningkatan kegiatan literasi di madrasah. Rina mengaku senang dapat terpilih menjadi peserta diklat.

“Alhamdulillah, di sini banyak belajar menulis, tidak hanya teori, namun melakukan praktik langsung. Semoga saya dapat mengimbaskannya di madrasah,” ungkapnya. (sis)

Kontributor Abasrin.com