2/26/2018

Guru madrasah tanda tangani akta notaris Perkumpulan Guru Madrasah Penulis

Dari kiri: Noor Shofiyati, Septy Andari Putri, Siska Yuniati, dan Anita Isdarmini.

BANTUL, Abasrin.com--Akta Notaris Perkumpulan Guru Madrasah Penulis (Pergumapi) ditandatangani oleh Pengurus Pusat Pergumapi yang diwakili oleh Anita Isdarmini, Ahmad Arif Ma'ruf, Siska Yuniati, Noor Shofiyati, dan Septy Andari Putri. Penandatanganan dilakukan di Kantor Notaris Siti Nurhanifah, Jalan R.E. Martadinata 2 Bantul, Jumat (23/2) pukul 13.00-15.00 WIB.

Kelima penanda tangan tersebut adalah kepala madrasah dan guru asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Anita Isdarmini dan Ahmad Arif Ma'ruf merupakan Pengawas Pergumapi. Siska Yuniati, Noor Shofiyati, serta Septy Andari Putri masing-masing merupakan Ketua Umum, Wakil Sekretaris Jenderal, serta Bendahara Umum Pergumapi.

"Para pengurus Pergumapi berjumlah 26 orang yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia. Agak sulit mengumpulkannya untuk tanda tangan akta notaris. Oleh karena itu, para pengurus mewakilkan penandatanganan kepada para pengurus yang berasal dari DI Yogyakarta," jelas Siska Yuniati ketika dihubungi melalui komunikasi WhatsApp.

"Oleh karena penandatanganan ini sifatnya administratif dan bisa diwakilkan, maka kami putuskan untuk ditandatangani oleh unsur yang wajib saja, yaitu pengawas, ketua, sekretaris, dan bendahara yang kebetulan berasal dari DI Yogyakarta," lanjut Siska.

Penandatanganan ini menurut guru MTs Negeri 3 Bantul itu merupakan sebagian dari proses yang harus dilalui dalam rangka legalisasi organisasi yang dipimpinnya itu. Siska mengungkapkan, sebelumnnya, pihaknya telah melakukan rapat penentuan nama, pendaftaran nama ke Kemkumham RI, persiapan berkas, dan lain-lain.

Masih menurut Siska, setelah penandatanganan tersebut, para pengurus masih harus mengurus sekretariat ke kelurahan. Setelahnya, SK Kemkumham diproses dilanjutkan dengan pembuatan NPWP dan pembuatan rekening organisasi.

Selain guru yang hadir pada penandatangan itu, beberapa guru lain asal DI Yogyakarta juga tercatat sebagai Pengurus Pergumapi. Mereka adalah Umi Sholikatun (sekretaris bidang organisasi), Rr. Ayu Dewi Widowati (ketua bidang penulisan media massa), Nurhasanah Rahamawati (sekretaris bidang penulisan bahan ajar), R. Rara Murdaning Setyaningtiastutik (sekretaris bidang pengabdian masyarakat), serta Pujarsono dan Rina Harwati (ketua dan sekretaris bidang humas, informasi, dan kerja sama antarlembaga).

Sambil mengurus akta notaris dan SK Kemkumham organisasi, Pergumapi telah memulai berberapa kegiatan terkait penulisan. Setiap dua pekan sekali, organisasi ini menggelar kuliah daring yang difasilitasi oleh Bidang Diklat Pergumapi. Selain itu, sudah dilaksanakan penulisan buku ajar, menulis buku bersama, di antaranya bahkan sudah ada yang diproses di penerbitan oleh bidang penerbitan. Pendaftaran anggota juga sudah dilaksanakan oleh bidang organisasi.

Dalam rangka peluncuran website orgnisasi, www.pergumapi.or.id, Pergumapi menggelar tantangan menulis sebulan penuh bagi seluruh anggotanya. Dalam kegiatan ini, anggota ditantang menulis selama sebulan penuh yang dimulai tanggal 12 Februari 2018.

Pada proses itu, setiap hari akan dimuat tulisan karya anggota. Hari Senin dimuat tulisan artikel, hari Selasa esai, hari Rabu resensi buku, Kamis karya ilmiah, hari Jumat info buku baru karya anggota, hari Sabtu puisi, pantun, parikan, dan sejenisnya, serta hari Minggu untuk fiksi seperti cerpen, cerkak, dan sejenisnya. Tantangan ini akan berakhir tanggal 11 Maret 2018. (Rin)

Administrator Abasrin.com