Guru madrasah Bantul terbitkan buku Ujian Nasional


Bantul, Abasrin.com--Empat guru madrasah asal Bantul menerbitkan buku Ujian Nasional. Buku bertajuk Solusi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs Edisi 2018/2019 itu ditulis oleh Siska Yuniati, Rusmantara, Rina Harwati, dan Septy Andari Putri.

Dihubungi secara khusus, Siska Yuniati mengungkapkan, buku yang diterbitkan Magnum Pustaka tersebut berisi empat hal, yaitu pendalaman materi, soal dan pembahasan, latihan, serta glosarium.

"Buku yang kami tulis berisi empat bagian utama. Pertama, bagian pendalaman materi. Bagian ini berisi teori-teori atau materi yang dimungkinkan diujikan dalam bentuk soal-soal pada Ujian Nasional 2018/2019," jelas Siska.

"Pada bagian selanjutnya, kami sajikan contoh-contoh soal beserta pembahasan. Di bagian ini, kami menggunakan soal-soal Ujian Nasional tahun lalu. Berikutnya ada lima paket latihan soal. Kemudian, ditutup glosarium," lanjut Siska.

Guru MTs Negeri 3 Bantul itu menjelaskan, glosarium penting ada untuk membantu siswa berlatih memahami makna kata. Menurutnya, seorang siswa bisa menjawab soal dengan baik jika dirinya sudah memahami makna kata-kata yang dimunculkan dalam soal-soal.

Siska mengungkapkan, dirinya menulis buku bersama tiga rekan sesama guru, yaitu Rusmantara, Rina Harwati, dan Septy Andari Putri.

"Pak Rusmantara cukup lama berkecimpung atau mengurusi materi-materi persiapan Ujian Nasional, begitu juga dengan Ibu Rina Harwati dan Ibu Septy Andari Putri," papar Siska.

Ketua Umum Perkumpulan Guru Madrasah Penulis itu memaparkan, dua rekannya, yaitu Rina Harwati dan Septy Andari Putri bahkan tahun ini menjadi penulis soal nasional Puspendik Balitbang Kemdikbud.

Siska berharap, hadirnya buku Solusi Ujian Nasional ini dapat membantu guru-guru, khususnya siswa dalam bersiap mengikuti Ujian Nasional tahun 2018/2019.

"Ini adalah tugas kami sebagai guru kelas IX. Semoga dapat membantu para siswa bersiap mengikuti Ujian Nasional," tutup Siska. (*)
Previous Post
Next Post
Related Posts