17 Feb 2016

Dilantik Sultan, Suharsono - Abdul Halim Muslih Pimpin Bantul 2016-2021

Suharsono, Foto: Amin K/Krjogja.com
YOGYAKARTA, Abasrin.com - Hari ini (17/2) pasangan Drs. H. Suharsono - H. Abdul Halim Muslih dilantik oleh Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Bupati - Wakil Bupati Bantul. Pelantikan ini menandakan era baru kepemimpinan Bantul setelah selama tiga periode dipimpin oleh keluarga Idham Samawi.

Suharsono - Halim dilantik bersama dua pasangan bupati-wakil bupati lain di DI Yogyakarta, yaitu pasangan Sri Purnomo - Sri Muslimatun dan pasangan Badingah - Immawan Wahyudi masing-masing untuk Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunungkidul. Suharsono - Halim terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bantul setelah mengalahkan pasangan Sri Surya Widati dengan 53% suara.

Sebagaimana diberitakan oleh Kedaulatan Rakyat (17/2), setelah resmi memimpin Bantul, Suharsono - Halim menegaskan akan memperioritaskan permasalahan pendidikan dan kesehatan. Selain dua permasalahan itu, Suharsono - Halim bertekad menunaikan janji pada masa kampanye. Oleh karena itu, program reformasi birokrasi juga menjadi hal yang dikedepankan dalam seratus hari kepemimpinan Suharsono - Halim (Tribunnews.com).

Mengawali Karier Sebagai Polisi

Sebelum maju sebagai calon Bupati Bantul, Suharsono merupakan Perwira Polisi dari Kepolisian Daerah Banten dengan jabatan Kepala Biro SDM Polda Banten. Setelah pensiun dari tugas kepolisian pada 2015, Suharsono mencalonkan diri sebagai Bupati Bantul untuk periode 2016-2021.

Awal pencalonan Suharsono tidak berjalan mulus. Partai yang menjadi kendaraannya, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak meluluskannya. PDIP secara resmi mendukung petahana, yaitu Sri Surya Widati sebagai calon bupati.

Oleh karena tidak didukung oleh PDIP, Suharsono loncat ke Partai Gerinda. Bersama Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih, Suharsono memantapkan diri maju sebagai calon Bupati Bantul. Berdasarkan rilis Detik.com, majunya Suharsono - Halim kemudian mendapat dukungan dari PKS dan Demokrat. Dengan demikian, empat partai, yakni Gerindra, PKB, PKS, dan Demokrat menjadi pengawal Suharsono menuju Bantul Satu.

Hasil pemilu yang digelar 9 Desember 2015 membuktikan bahwa Suharsono memang ditakdirkan sebagai Bupati Bantul. Perolehan suara 53% telah menjaminnya sebagai pemenang pemilu dan berhak dilantik sebagai Bupati Bantul tanggal 17 Februari 2016. Hari ini, Rabu (17/2/2016), pasangan Drs. H. Suharsono - Abdul Halim Muslih secara resmi dilantik oleh Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X atas nama Menteri Dalam Negeri.

Selamat bertugas Harsono - Halim! (sab)