26 Feb 2016

RA Ar Raihan Bantul Inisiasi Gerakan Jumat Sedekah Sampah

Siswa Ar Raihan sedang sedeah sampah.
Foto: Rufiyati Ambar Ningrum/Abasrin.com
BANTUL, Abasrin.com ~ Raudhatul Athfal Ar Raihan Bantul telah menginisiasikan program sedekah sampah. Kegiatan yang berlangsung saban Jumat ini merupakan bentuk praktis dari program "Clean and Green" Yayasan Ar Raihan, lembaga yang menaungi RA Ar Raihan.

"Yayasan Ar Raihan mempunyai program 'Clean and Green'. Di antara bentuk pelaksanaannya adalah sedekah sampah setiap Jumat," ungkap Sugeng Sri Lestari ketika dihubungi Jumat (26/2).

Masih menurut Sugeng Sri Lestari, sedekah sampah ini setidaknya memiliki empat tujuan. Keempat tujuan itu adalah (1) menumbuhkan kepedulian anak terhadap sampah, (2) menumbuhkan rasa tanggung jawab atas kebersihan lingkungan, (3) menumbuhkan persepsi positif atas sampah, serta (4) mendayagunakan sampah dengan memanfaatkan kembali, mengolah, atau menyedekahkannya.

"Untuk mewujudkan program 'Clean and Green' itu, kami menyelenggarakan enam kegiatan. Keenam kegiatan itu meliputi (1) pembiasaan membuang sampah pada tempatnya, (2) pembiasaan bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan sendiri, (3) sedekah sampah setiap Jumat, (4) pengolahan sampah menjadi barang ekonomis, (5) operasi semut setiap melakukan aktivitas yang menimbulkan sampah, dan (6) penyediaan tempat sampah yang memadai. Selain program itu, kami juga memiliki program reduce, reuse, recycle, dan repair," jelas kepala RA Ar Raihan itu lebih lanjut.

Sugeng Sri Lestari mengaku, lembaganya sudah dapat menjalankan program ini dengan baik. Kendati demikian, dia mengemukaan bahwa lembaganya memiliki tantangan tersendiri atas program itu.

"Saya lihat anak-anak sudah bersemangat untuk menjalankan program. Tantangan yang kami miliki justru pada konsistensi. Saya berharap tim RA Ar Raihan dapat konsisten menyelenggarakan bahkan mengembangkan program 'Clean and Green' ini," tutupnya. (sab)