4 Feb 2016

Gugus Pramuka MTs Negeri Giriloyo Gelar Persami

BANTUL, Abasrin.com ~ Persami atau Perkemahan Sabtu dan Minggu adalah salah satu cara untuk lebih mempertajam jiwa kepanduan anggota Pramuka. Hal tersebut disampaikan Drs. Surahmanta, Kamabigus MTs Negeri Giriloyo, saat membuka kegiatan Persami di Kompleks MTs Negeri Giriloyo Imogiri (30/1). Lebih lanjut dikatakannya bahwa melalui Pramuka kemandirian siswa akan dilatih.

"Pramuka sekarang terkesan manja, pramuka tidak membawa kayu dan batu tetapi kompor gas. Ini perlu diperhatikan, sehingga di Persami ini kalian akan berusaha mewujudkan visi misi Pramuka, terutama kemandirian," ungkapnya.

Acara yang diselenggarakan Sabtu (30/1) hingga Minggu (31/1) siang itu diikuti 140 siswa kelas tujuh dan 20 siswa kelas delapan. Pada kegiatan tersebut para siswa diwajibkan mengikuti acara api unggun, pentas seni, peraturan baris berbaris (PBB), morse, senam, wide game, hingga berbagai perlombaan.

Untuk perlombagaan, panitia menghadirkan lomba menyanyikan lagu nasional dan hymne pramuka, mendirikan tenda, permainan tradisional, memasak, hasta karya, cerdas cermat Pramuka (CCP), hingga lomba semafor. Masfi Sholihah, Pembina Utama MTs Negeri Giriloyo, mengungkapkan bahwa kegiatan lomba tersebut bertujuan melatih kemandirian dan kerja sama.

"Harapannya melalui lomba ini peserta lebih mandiri dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Lebih jauh, kemandirian dan kerja sama itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, " ujar pembina Pramuka yang sering disapa Kak Masfi itu.

Pada kegiatan penutup, panitia melakukan pembagian hadiah bagi regu-regu pemenang lomba. Pada kegiatan penutup itu, para peserta juga diminta membersihkan area perkemahan agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya. Kendati merasa lelah peserta Persami merasa senang karena mendapatkan pengalaman baru.

"Capek, tapi senang karena ada pengalaman," kata Yona Eliya, salah satu peserta Persami. [sy]