28 Des 2015

Keren, Damar Putra Dono Warkop Satu Kampus dengan Albert Einstein

Foto: klimg.com 
Sabjan Badio, Blogger

DAMAR Canggih Wicaksono adalah nama yang masing cukup asing bagi publik Indonesia. Siapa sangka, dia adalah putra komedian kawakan Wahyu Sardono alias Dono Warkop. Akhir-akhir ini publik tersentak dengan kehadirannya sebagai calon doktor dalam bidang teknik nuklir di Institut Teknologi Federal di Lausanne (EPFL).

Menurut catatan Dream.co, perjalanan Damar dalam bidang teknik nuklir dimulai ketika putra kedua pasangan Dono Warkop dan Titi Kusmawardhani itu diterima di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada pada jurusan Teknik Nuklir. Damar menyelesaikan pendidikan sarjananya dalam kurun waktu 2004-2009. Tahun 2010, Damar melanjutkan pendidikannya ke Swiss, tepatnya ke Institut Teknologi Federal Zürich (ETH Zürich) dan Institut Teknologi Konfederasi Swiss di Lausanne (EPFL) dan selesai tahun 2012.

Seperti diketahui, Institut Teknologi Federal Zürich atau Eidgenössische Technische Hochschule Zürich (ETH Zürich) adalah kampus tempat Albert Einstein menimba ilmu sekaligus tempat penemu teori relativitas tersebut mengabdikan diri sebagai profesor. Berdasarkan data WBI, hingga saat ini, ETH Zürich telah melahirkan 9 peraih nobel dalam bidang fisika, 10 peraih nobel dalam bidang kimia, dan 2 paraih nobel dalam bidang kedokteran. Di antara ke-21 peraih nobel tersebut, ada nama Albert Einstein yang meraih nobel dalam bidang fisika.

Kendati telah lulus program master dari sebuah kampus bergengsi dunia, putra kedua mantan dosen Universitas Indonesia ini belum puas dan bertekat meningkatkan kualifikasinya. Saat ini, Damar teratat sebagai kandidat doktor pada Institut Teknologi Konfederasi Swiss di Lausanne atau École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL). []