27 Sep 2017

Dr. Margana, M.Hum., M.A. Dikukuhkan sebagai Guru Besar ke-134 Universitas Negeri Yogyakarta

Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. menyampaikan pidato pengukuhan guru besarnya (27/9).
Yogyakarta, Abasrin.com--Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dr. Margana, M.Hum., M.A. dikukuhkan sebagai guru besar bidang linguistik subbidang linguistik terapan Universitas Negeri Yogyakarta. Margana yang saat ini menjabat Wakil Rektor 1 UNY menyampaikan pidato pengukuhannya di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Jalan Kolombo Nomor 1 Yogyakarta, Rabu (27/9).

Pada sidang terbuka yang dipimpin Ketua Senat Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Zamzani itu, Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A. menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul "Alih Kode dalam Tinjauan Linguistik dan Kebermaknaannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris."

Dengan dikukuhkannya Dr. Margana, saat ini UNY memiliki 64 guru besar aktif. Demikian disampaikan Ketua Senat UNY, Prof. Dr. Zamzani dalam sambutannya. Mantan dekan FBS UNY tersebut menyampaikan harapannya, masa depan UNY menjadi lebih cerah dengan bertambahnya guru besar yang dimiliki UNY.

Terkait pengukuhan ini, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, menyampaikan bahwa 64 orang guru besar yang dimiliki UNY itu menunjukkan bahwa hanya 6,4 persen dosen yang menduduki jabatan guru besar dari 983 dosen. Idealnya menurut matan Sekretaris Dirjen Belmawa Kemristekdikti RI itu, guru besar di sebuah universitas adalah 15 persen. Oleh karena itu, Sutrisna Wibawa berharap, dosen-dosen lain mengikuti jejak  Dr. Margana menjadi guru besar. (sab)