16 Mei 2017

Smadav Rilis Antivirus untuk Cegah Ransomware Jenis Wannacry 1 dan Wannacry 2.0


Yogyakarta, Abasrin.com--Antivirus lokal Indonesia, Smadav, akhirnya merilis penangkal Ransomware Wannacry yang beberapa hari ini menghebohkan pengguna komputer di Indonesia. Penangkal tersebut dirilis Smadav dalam paket Smadav 2017 Rev 11.4. Berdasarkan publikasi Smadav di situs resminya, update terbaru oleh Smadav diakui dapat menangkal Ransomwar jenis Wanacry 1 dan 2.0 sekaligus.

Praktisi internet dari E & E Media Kreatif, Sabjan Badio, mengungkapkan, pihak Smadav memang berkomitmen untuk menyajikan update Smadav yang dapat menangkal Ramsomware Wannacry 1 dan 2.0. 

"Saya lihat hari Minggu lalu sudah ada yang menanyakan perihal Wannacry, tim Smadav menyatakan masih menunggu contoh virusnya. Jika sekarang sudah dirilis, itu artinya mereka sudah mendapatkan dan mempelajarinya sekaligus melakukan update pada antivirus mereka," ungkap Sabjan.

Masih menurut Sabjan, pengguna komputer selain mengupdate antivirusnya, tetap harus berhati-hati dalam menggunakan jaringan internet. Pengguna diharapkan hanya menggunakan akses internet terpercaya dan membuka situs-situs yang diyakini kredibilitasnya.

Berdasarkan pantauan Abasrin.com, pada rilis terbarunya, Smadav menyajikan update berupa penambahan database 404 virus, peningkatan kemampuan anti-Ransomware untuk pencegahan Ransomware (WannaCry 1 dan Wanna-Cry 2.0), perbaikan untuk meringankan resource CPU saat proteksi aktif, serta perbaikan kesalahan program (bug) dan kesalahan deteksi. Pengguna internet yang ingin mendapatkan update terbaru, dapat langsung mendownload melalui situs Smadav.net.

Tidak lupa pula Smadav menyajikan banner yang berisi tips untuk terhindar dari Wannacry. Banner tersebut dapat diunduh dan dibagikan pengguna internet melalui chat atau jejaring sosial. (sis)