31 Jan 2016

Butuh 6,9 Miliar Rupiah untuk Membeli Versi Cetak Wikipedia Bahasa Inggris

Michael Mandiberg dan Jonathan Kiritharan, Wikimedia.org
ABASRIN.com ~ Pernahkah Anda membayangkan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membeli Wikpedia bahasa Inggris versi cetak? Jangankan memikirkan biaya pembelian satu setnya, memikirkan pencetakannya sendiri saja mungkin sudah terbayangkan pekerjaan yang hampir mustahil.

Sudah cukup banyak orang yang memiliki ide untuk melakukan pencetakan tersebut tetapi mundur karena tahu bahwa itu pekerjaan yang hampir mustahil. Pekerjaan pencetakan baru berhasil pada tahun 2015 atas inisiatif Michael Mandiberg. Dengan dukungan Yayasan Wikimedia dan Lulu.com, Michael Mandiberg berhasil mencetak 7.473 jilid ensiklopedia yang berasal dari Wikipedia bahasa Inggris per tanggal 7 April 2015.

Editor Wikipedia bahasa Indonesia, Sabjan Badio, menyebutkan bahwa angka tersebut belum termasuk 36 jilid yang berisi 7,5 juta indeks para kontributor dan 91 jilid yang berisi daftar isi. Dengan angka yang sepantastis itu, ternyata keseluruhan jilid tersebut belum memuat daftar referensi dan gambar yang termuat pada edisi virtual.

Masih menurut Sabjan Badio, ensiklopedia yang pencetakannya membutuhkan waktu hingga tiga tahun itu telah dipamerkan di Denny Gallery, New York City, selama musim panas 2015

Lalu, berapa rupiah yang dibutuhkan untuk membeli satu set versi cetak dari Wikipedia bahasa Inggris tersebut? Sabjan Badio menyebutkan angka yang sangat fantastis, lebih-kurang 500 ribu dolar. Jumlah tersebut jika dirupiahkan dengan nilai tukar 13.816 ternyata mencapai 6.908.000.000 rupiah. Bagaimana, tertarik menawar? [sy]