17 Apr 2015

Peringati Hari Kartini SMP Ma'arif Imogiri Jalin Keakraban Guru-Siswa

Harti Kartini jatuh pada tanggal 21 April tiap-tiap tahun. Pemilihan tanggal ini sesuai hari kelahiran R.A. Kartini, 21 April 1879. Peringatan hari lahir tokoh pendidikan dan pergerakan perempuan ini digelar meriah setiap tahunnya. Dalam rangka ikut memeriahkan peringatan Hari Kartini tersebut, SMP Ma'arif Imogiri mengagendakan serangkaian lomba dan makan bersama pada Senin (20/4).

Kepala SMP Ma'arif Imogiri, Muhammad Sholkhan, mengungkapkan bahwa peringatan kali ini dikonsep spesial. Sekolah tidak akan membebani siswa dengan berbagai lomba. Oleh karena itu, lomba dikemas sederhana, agar para siswa bergembira.

Hal khusus lain dalam peringatan kali ini adalah digelarnya acara makan bersama guru-siswa. Mengenai hal ini, Muhammad Sholkhan menjelaskan, sekolah hanya menyelenggarakan makan bersama dengan menu sederhana. Target dari kegiatan ini adalah keakraban guru-siswa.

"Pada acara makan bersama nanti, guru-siswa duduk dan makan bersama dengan menu sederhana. Kami berharap, kegiatan ini menciptakan situasi baru dalam hubungan guru-siswa," papar Sholkhan.

Lebih lanjut Muhammad Sholkhan menjelaskan, seorang guru memang harus berwibawa. Kendati demikian, bukan berarti guru terpisah dan tidak boleh bergaul atau duduk bersama dengan siswa. Oleh karena itu, acara peringatan Hari Kartini kali ini dikonsep demikian. [SB]