17 Apr 2015

Muhammad Sholkhan: Kebocoran Soal UN Tidak Pengaruhi Siswa SMP


Tes Pendalaman Materi (TPM), disebut juga Pemantapan Persiapan Ujian (PPU), memasuki agenda terakhir hari ini. Sesuai agenda, TPM kali ini merupakan TPM keenam yang diikuti secara serentak oleh para siswa di Kabupaten Bantul. Dengan diakhirinya agenda TPM ini, persiapan siswa menghadapi Ujian Nasional tinggal terfokus di sekolah masing-masing.

Sesuai jadwal, Ujian Nasional akan digelar pada 4-7 Mei nanti. Anggota MKKS Kecamatan Imogiri, Muhammad Sholkhan, merasa yakin bahwa persiapan yang dilakukan sekolah dalam mengantarkan siswa-siswinya sudah cukup.

"Saya rasa, rangkaian TPM tersebut sudah cukup mengenalkan siswa dengan soal dan suasana Ujian Nasional. Oleh karena itu, jika selama ini para siswa sungguh-sungguh mengikuti, saya yakin mereka dapat mengerjakan soal Ujian Nasional dengan mudah," ungkap Sholkhan.

Menanggapi permasalahan kebocoran soal UN yang terjadi di jenjang SMA, Muhammad Sholkhan optimis hal tersebut tidak terjadi pada jenjang SMP. Lulusan Universitas Negeri Yogyakarta ini merasa yakin pemerintah telah belajar banyak atas kejadian kebocoran soal UN tingkat SMA.

"Saya yakin, pemerintah telah mengantisipasi kebocoran soal UN SMP. Kejadian kebocoan soal UN SMA beberapa saat lalu merupakan pengalaman berharga bagi pemerintah," tutupnya. [SB]