4 Mar 2015

MTs Wonokromo Raih Nilai Rata-rata Tertinggi Bantul pada TPM UN 2015 MKKS Provinsi DI Yogyakrata

Ilustrasi: minddisorders.com

MTs Wonokromo Pleret mencatatkan diri sebagai peraih rata-rata madrasah tertinggi pada TPM Songsong UN 2015 MKKS Provinsi DI Yogyakarta yang diselenggarakan 2-3 Maret 2015 lalu. MTs Wonokromo meraih rata-rata tertinggi untuk kategori Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Bantul dengan nilai 5.25. Menyusul MTs Wonokromo secara berurutan adalah MTs Negeri Pundong, MTs Negeri Bantul Kota, MTs Lab UIN, dan MTs Ali Maksum dengan nilai rata-rata secara berurutan 5.22, 5.22, 5.08, 4.99.

Sementara itu, pada tingkat provinsi, peraih lima besar rata-rata madrasah adalah MTs Mualimat, MTs Taruna al Quran, MTs Negeri 1 Yogyakarta, MTs Pandanaran, dan MTs Negeri Pakem dengan nilai rata-rata sekolah 6.27, 6.18, 5.94, 5.71, dan 5.65. Berbeda dengan di Kabupaten Bantul yang didominasi sekolah negeri, pada tingkat provinsi, lima madasah peraih nilai rata-rata sekolah tertinggi didominasi oleh sekolah swasta.

Tes Pendalaman Materi (TPM) Songsong Ujian Nasional (UN) adalah program latihan Ujian Nasional yang diselenggarakan di DI Yogyakarta, terutama tingkat kabupaten dan provinsi. TPM ini diselenggarakan secara periodik dengan tujuan melatih siswa dan sekolah (khsusunya panitia UN) dalam menghadapi Ujian Nasional. Oleh karena itu, dalam simulasi (TPM) Ujian Nasional ini, pelaksanaannya didesain menyerupai Ujian Nasional. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik dan mental siswa dan panitia. Melalui kegiatan ini juga akan terpetakan berbagai kendala penyelenggaraan TPM yang dapat dijadikan bahan pembelajaran dalam menghadapi UN sungguhan nanti.