21 Mar 2016

Pemda Bantul Gelar TPPU untuk Calon Peserta UN SMP 2016

Ilustrasi siswa mengerjakan soal TPM.
ABASRIN.com - Setelah MKKS Kabupaten Bantul, kini giliran Pemda Bantul menyelenggarakan TPPU bagi siswa kelas IX SMP/MTs. Berdasarkan informasi yang diterima oleh Abasrin.com, TPPU Pemda Bantul ini dilangsungkan 21-24 Maret 2016. Secara berturut-turut mata pelajaran yang diujicobakan adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan ilmu pengetahuan alam. Selama empat hari tersebut, siswa mengerjakan soal TPPU selama 2 jam, yakni pukul 17.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB.

Dihubungi secara khusus, penyelenggara TPPU di SMP Ma'arif Imogiri, Muhamamd Sholkhan, menyampaikan bahwa sekolahnya telah mengikuti TPPU yang diselenggarakan MMKS Kabupaten Bantul, MKKS Provinsi, dan kali ini TPPU dari Pemda Bantul. Keterlibatan Pemda Bantul dalam penyelenggaraan TPPU ini menurutnya sangat positif. Selain meningkatkan kuantitas latihan, juga menghadirkan keragamaan sehingga siswa dapat mencoba soal-soal yang dibuat oleh berbagai pihak.

Setelah TPPU yang diselenggarakan oleh Pemda Bantul ini, menurutnya SMP Ma'arif Imogiri dan sekolah-sekolah lain di Kabupaten Bantul juga akan mengikuti TPPU Provinsi DIY putaran 2 dan TPPU MKKS Bantul putaran 3.

Dengan cukup seringnya pelaksanaan TPPU tersebut, Muhammad Sholkhan optimis para siswa, khususnya siswa SMP Ma'rif Imogiri lebih siap mengerjakan soal Ujian Nasional. Masih menurut Muhammad Sholkhan, penyelenggaraan Ujian Nasional untuk jenjang SMP/MTs dijadwalkan April 2016. (sab)