28 Sep 2017

Tiga Puluhan Pick-up Ramaikan Pawai Sambut Tahun Baru 1439 Hijriah

Puliuhan pick-up angkut siswa RA-KBIT-TPA Ar Raihan berpawai (28/9).
Bantul, Abasrin.com--Sejumlah 33 pick-up memenuhi pelataran Masjid Agung Manunggal, Kamis (28/9) pagi. Pick-up berhias itu disiapkan untuk mengangkut siswa-siswi RA-KBIT-TPA Ar Raihan yang berpawai memeriahkan 1 Muharam 1439 Hijriah yang jatuh pada Kamis (21/9) lalu.

Puluhan kendaraan itu kemudian beriringan keluar dari pintu utara Masjid Agung Manunggal, menuju ke timur melewati Swalayan Purnama, ke selatan, Perempatan Bejen ke timur, Perempatan Manding ke selatan, Perempatan Bakulan ke barat, Perempatan Kweden ke utara melewati RA-KBIT-TPA Ar Raihan, Polsek Bantul ke selatan lewat Karanggayam, Perempatan Gardu ke selatan, Palbapang ke barat, pertigaan ke utara, Perempatan Jetak ke timur, Dinas Nakertrans ke utara, Pertigaan Babadan ke timur, dan perjalanan berakhir kembali di Masjid Agung Manunggal.

Koordinator BPH Yayasan Ar Raihan yang terjun langsung dalam penyelenggaraan pawai tersebut, Agus Effendi, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pawai dalam rangka mengambil spirit Hijriah. Agus berharap, terjadi perbaikan pendidikan, perbaikan diri, serta perbaikan organisasi di Ar Raihan yang dianggapnya sudah baik menuju lebih baik lagi.

Selain itu, menurut Agus, momentum peringatan tahun baru Hijriah diharapkannya dapat meningkatkan ukhuwan serta persatuan antara wali dengan sekolah. Agus mengungkapkan bahwa fasiitas penyelenggaraan pawai seluruhnya disiapkan orang tua. Pihaknya sebatas mengoordinasi dan memberikan apresiasi kepada peserta-peserta yang tambil terbaik selama pelaksanaan pawai.

Senada dengan Agus, Kepala RA Ar Raihan, Sugeng Sri Lestari, mengungkapkan bahwa orang tualah yang menyiapkan pick-up serta bahu-membahu menghiasnya. Tari mengaku terharu dengan keterlibatan dan semangat para orang tua itu.

"Ada yang (wali murid) mencicil membuat (hiasan) di sekolah beberapa hari, ada pula yang lembur di rumah," terang Tari.

Selain orang tua, Sugeng Sri Lestari menilai respons anak-anak juga sangat posotif. Di antaranya bahkan ada yang demikian antusias sampai-sampai menyertai orang tuanya menghias kendaraan yang disiapkan untuk pawai.

Pelaksanaan Pawai yang dilangsungkan pukul 07.15-11.00 WIB itu juga disaksikan Kakankemenag Kabupaten Bantul, Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I. Dalam sambutannya, Buchori mendukung kegiatan Ar Raihan tersebut. Dirinya berharap madrasah mempunyai kegaitan yang kreatif. Kegiatan Ar Raihan ini menurutnya patut diikuti oleh Raudhatul Athfal lain di Kabupaten Bantul. (sab)