3 Mar 2016

Siswa MTsN Giriloyo Juara 1 Catur pada Festival MAN Wonokromo

Alda Anisah Elfariani
BANTUL, Abasrin.com ~ Olahraga catur merupakan jenis olahraga unik dan cukup menguras pikiran. Olahraga ini memerlukan ketangkasan dalam menyusun strategi, memanfaatkan potensi, juga pengelolaan waktu, namun tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Kendati cukup menguras pikiran, olahraga tersebut justru menjadi hobi salah satu siswa MTsN Giriloyo, Alda Anisah Elfariani.

Bermula dari hobi, Alda, demikian sapaan akrab siswa IXD ini, akhirnya tampil sebagai juara 1 cabang catur pada Festival MAN Wonokromo yang digelar Sabtu (28/2) lalu. Alda berhasil menyingkirkan siswa MTsN Bantul Kota dan MTsN Wonokromo yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Untuk mencapai posisi itu, Alda telah melakukan tanding sebanyak tujuh kali hingga terkumpul point 4,5. Menurutnya, tidak ada persiapan khusus sebelum bertanding, hanya berlatih dan berdoa yang menjadi modalnya.

“Senang bisa juara karena bisa membawa nama baik madrasah,” aku gadis penyuka air putih itu. Alda yang menjuarai lomba catur pada Aksioma tingkat kabupaten 2015 tersebut juga menuturkan bahwa selain mendapatkan piala dan uang pembinaan, lomba memberikan pengalaman yang luar biasa baginya.

Atas prestasi tersebut Kamad MTsN Giriloyo memberikan apresiasi khusus untuk Alda. “Semoga prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan, serta diikuti oleh siswa lain,” ujarnya usai penyerahan piala kejuaraan catur dalam upacara bendera.

Waka kesiswaan, Walijo, S.Pd. menambahkan bahwa mengikuti kejuaraan apalagi sampai memenangkannya akan membawa pengalaman tersendiri bagi siswa. “Diharapkan siswa mempunyai kegiatan positif dan dapat mengembangkan bakatnya dengan baik,” ujar Walijo. (sis)