1 Mar 2016

MTs Negeri Giriloyo Bantul Belajar Wirausaha melalui Market Day

Market Day di MTs Negeri Giriloyo (27/2).
Foto: Puji Lestari
BANTUL, Abasrin.com ~ Menjadi wirausahawan adalah menjadi pribadi mandiri dan pantang menyerah. Hal tersebut dapat dipupuk sejak dini, di antaranya dengan belajar membuat produk dan latihan berdagang. Hal itu diungkapkan Kepala MTsN Giriloyo, Drs. Surahmanta, saat pelaksanaan Market Day MTsN Giriloyo Sabtu (27/2) lalu. “Program ini memang baru pertama kali, akan tetapi, diharapkan akan terus berlanjut untuk waktu-waktu mendatang,” ungkap Surahmanta lebih lanjut.

Market Day yang diselenggarakan di halaman Laboratorium IPA MTs Negeri Giriloyo tersebut digarap oleh 13 siswa yang tergabung dalam ektrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Kimia Terapan. Kegiatan yang digawangi oleh Puji Lestari, S.Pd. dan Tri Nuryani, S.Pd. itu mengambil waktu istirahat pertama. Ketia siswa lain keluar kelas, barang dagangan yang telah dipersiapkan dari rumah itu pun digelar rapi. “Antusiasme siswa luar biasa. Hal demikian terlihat dari ragam barang dagangan yang ditawarkan, mulai es lilin, es jeruk, agar-agar, es buah, es dawet, jus alpukat, bakwan jagung, hingga sate ikan tuna,” terang Puji Lestari.

Lebih lanjut Puji Lestari menyapaikan bahwa selain memberikan pembelajaran kepada siswa tentang kewirausahaan, Market Day juga bertujuan memberikan selingan kegiatan sehingga peserta KIR merasa fresh dan senang. “Siswa juga diminta mencatat modal yang dikeluarkan dan hasil penjualan. Dengan demikian dapat diketahui laba yang diperolehnya. Di samping itu, makanan dan minuman yang dijual disyaratkan bukan makanan pabrikan,” jelas guru peraih penghargaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2010) dan Kanwil Kemenag DIY (2014) tersebut.

Salah satu peserta Market Day, Ismi Sholihah, mengaku bahwa kegiatan tersebut sangat mengasikkan. “Kemarin modalnya Rp48.000, hasil penjualan Rp116.000. Kalau diadakan Market Day, saya ingin berjualan lagi.” Hal yang sama juga diungkapkan oleh siswa kelas IXA, Ahmad Aji Andaru, “Kalau ada Market Day jadi senang. Jajanan yang dijual bermacam-macam.”

Kegiatan Market Day yang dijadwalkan 2 kali dalam satu semester itu memang terlihat cukup menyedot perhatian siswa bahkan guru. Selain jenis makanan yang dijual bervariasi, harganya juga ramah, yaitu kisaran seribu hingga dua ribu rupiah. (sis)