14 Mar 2016

Hari Ini Ribuan Calon Peserta UN DIY Ikuti PPU Provinsi DIY Putaran 1

Siswa SMPIT Ar Raihan sedang mengerjakan soal PPU (14/3).
Foto: Putri Nurma Sari
BANTUL, Abasrin.com - Ribuan siswa calon peserta UN SMP 2016 Provinsi DI Yogyakarta hari ini (14/3) mengikuti Persiapan Pemantapan Ujian (PPU) Provinsi DI Yogyakarta. Sesuai jadwal, pukul 07.30-09.30 siswa mengerjakan soal bahasa Indonesia. Kemudian, pukul 10.00-12.00 siswa mengerjakan soal PPU matematika. Hari kedua besok (15/3), siswa dijadwalkan mengerjakan soal bahasa Inggris dan IPA.

Anggota MKKS Kabupaten Bantul, Muhammad Sholkhan menyampaikan bahwa kegiatan PPU bertujuan agar siswa terbiasa menghadapi suasana Ujian Nasional (UN). Oleh karena itu dalam menyelenggarakan PPU, pihaknya senantiasa berusaha mengondisikan segala sesuatunya seolah Ujian Nasional sungguhan. Masih menurut Sholkhan, lebih dari itu PPU bertujuan agar siswa terbiasa dengan soal-soal Ujian Nasional.

"Ada dua tujuan utama pelenggaraan PPU bagi siswa, pertama agar mereka terbiasa dengan suasana UN. Jadi, tidak tegang. Kedua, mereka mengerjakan soal yang mirip dengan soal UN. Dengan begitu, harapan kami siswa pun tidak kaget dengan soal-soal yang diujikan pada UN nanti," jelas Kepala SMP Ma'arif Imogiri itu.

Dihubungi secara terpisah, Tim UN SMPIT Ar Raihan, Putri Nurma Sari, menyampaikan bahwa Ujian Nasional tahun ini merupakan Ujian Nasional pertama bagi lembaganya. Oleh karena itu, penyelenggaraan PPU baginya begitu membantu, tidak hanya siswa, juga para guru.

"UN 2016 merupakan UN pertama bagi kami. Oleh karena itu, kami masih bergabung dengan SMP Negeri 2 Bantul untuk penyelenggaraan nantinya. Untuk membiasakan para siswa dengan suasana tempat ujian, pelaksanaan PPU pun kami gelar di SMP Negeri 2 Bantul," ujar Putri.

Putri mengaku, selain mempersiapkan para siswa, pihaknya juga mengajak para orang tua untuk ikut membersamai berbagai persiapan anak dalam mengikut UN. Oleh karena itu, orang tua kami undang dan sampaikan perihal Ujian Nasional dan berbagai persiapan yang harus dilakukan.

Dengan berbagai persiapan itu, dirinya yakin siswa-siswinya dapat mengerjakan soal Ujian Nasional dengan baik dan mampu bersaing dengan siswa-siswi dari sekolah lain. (sab)