16 Mar 2016

Hanan al-Hroub, Guru Terbaik Dunia dari Palestina Versi Global Teacher Prize

Ekspresi kebahagiaan al-Hroub
setelah namanya disebut
sebagai pemenang oleh Paus Francis (13/3)
Foto: Kamran Jebreili/AP
ABASARIN.com - Hanan al-Hroub akhirnya dinobatkan sebagai guru terbaik dunia versi Global Teacher Prize Varkey Foundation. Penghargaan yang dilakukan di Dubai tersebut diumumkan oleh Paus Francis melalui video pada Minggu (13/3) waktu setempat. Penghargaan sendiri diserahkan oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

"Saya merasa luar biasa dan saya masih tidak percaya bahwa Paus menyebutkan nama saya," kata al-Hroub seperti dikutip melalui The Associated Press. "Untuk seorang Arab, guru Palestina untuk berbicara kepada dunia hari ini dan untuk mencapai puncak tertinggi dalam mengajar bisa menjadi contoh bagi guru di seluruh dunia," katanya lebih lanjut.

Hanan al-Hroub meraih penghargaan setelah berhasil mengungguli sembilan finalis lain yang berasal dari negara-negara berpendidikan maju. Sembilan finalis lain tersebut berasal dari Australia, Finlandia, India, Jepang, Kenya, Pakistan, Inggris, dan dua dari Amerika Serikat.

Kemenangan al-Hroub disinyalir karena perannya dalam mengajarkan karakter kepada anak didiknya yang berada di pusaran kekerasan akibat perang. Hanan al-Hroub mengatakan bahwa ia dibesarkan di sebuah kamp pengungsi Palestina di Bethlehem, di mana kekerasan adalah kejadian biasa. Dia pergi mengajar setelah anak-anaknya menyaksikan penembakan dalam perjalanan pulang dari sekolah. Pengalaman itu mendorongnya untuk berpikir tentang anak-anak yang mengalami trauma dan bagaimana ruang kelas dapat membantu. Dia pun mengembangkan Kami Bermain dan Belajar, sebuah buku yang berfokus pada pentingnya bermain, kepercayaan, rasa hormat, kejujuran, dan literasi.

Hanan al-Hroub mengungkapkan, bahwa dia akan memanfaatkan hadianya untuk memberi beasiswa kepada siswa yang berprestasi dalam rangka mendorong mereka untuk menjadi guru.

Global Teacher Prize adalah sebuah penghargaan internasional yang didirikan dua tahun silam untuk mencari dan memberi penghargaan kepada guru-guru luar biasa di dunia dalam hal inovasi pembelajaran dan mendorong orang lain untuk bergabung dengan profesi guru. Penghargaan ini diberikan oleh Varkey Foundation, sebuah lembaga yang didirikan oleh Sunny Varkey. Sunny Varkey sendiri tercatat telah mendirikan setidaknya 130 sekolah di seluruh dunia.

Pada periode pertama tahun lalu, penghragaan guru terbaik diberikan kepada Nancie Atwell, guru bahasa Inggris dari pedesaan Maine. (sab)

Sumber: washingtonpost.com | globalteacherprize.org