2 Feb 2016

Ini Dia 10 Karakteristik Sekolah Unggul

KITA sering mendapati sebuah sekolah tiba-tiba berlabel unggul. Ada pula sekolah yang menggunakan kata unggul sebagai nama. Terkait sekolah unggul ini, Profesor Arief Rachman, sebagaimana dirilis Republika Online, mengungkapkan paling tidak ada sepuluh ciri yang dimiliki sebagai syarat sebuah sekolah dikatakan unggul. Kesepuluh ciri tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Kepemimpinan sekolah profesional. Pemimpin profesional adalah pemimpin yang partisipatif, tegas, dan bertujuan, serta memiliki keterampilan, kemampuan, dan kemauan untuk memajukan sekolah.
  2. Semua warga sekolah memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah.
  3. Suasana pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini ditandai asmosfer suasana kelas yang mendukung serta lingkungan kerja yang menyenangkan.
  4. Kegiatan pembelajaran di sekolah beragam, seperti intra, co, dan ekstra kurikuler berjalan seimbang dan saling mendukung.
  5. Guru memiliki perencanaan pembelajaran yang ditunjukkan dengan adanya target yang jelas, terorganisasi, dikomunikasikan pada siswa, dan adanya fleksibilitas sesuai dengan kondisi siswa.
  6. Semua program yang positif mendapat penguatan dari sekolah, orang tua, dan siswa.
  7. Sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram dan berdampak terhadap perbaikan sekolah. 
  8. Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah
  9. Kemitraan antara sekolah dengan rumah tangga atau orang tua.
  10. Munculnya kretativitas dalam organisasi sekolah untuk pengembangan pendidikan.
Menanggapi hal tersebut, Sugeng Sri Lestari menyampaikan bahwa sebuah sekolah unggul sejatinya dapat menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lain. Kepala RA Ar Raihan itu mengungkapkan bahwa lembaga yang dipimpinnya telah ditetapkan sebagai rintisan sekolah unggul di lingkungan Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta sejak 2013.

"Sebagai konsekuensi menjadi rintisan sekolah unggul di lingkungan Kemenag DI Yogyakarta, kami harus siap menjadi rujukan bagi lembaga lain khususnya raudhatul athfal," jelasnya.