31 Jan 2016

SMPIT Ar Raihan Tempati 4 Besar Swasta PPU MKKS Bantul 2016 Putaran I

BANTUL, Abasrin.com ~ SMPIT Ar Raihan mulai bersiap menghadapi Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB yang akan digelar bulan Mei 2016. Di antara persiapan yang dilakukan adalah mengikut Program Persiapan Pemantapan Ujian (PPU) atau sebelumnya dikenal dengan istilah Tes Pendalaman Materi (TPM) yang diselengarakan oleh MKKS Kabupaten Bantul.

"Tahun pelajaran 2015/2016 insya Allah kami akan mengikuti Ujian Nasional untuk pertama kali. Saya ingin para siswa siap sehingga dapat memperoleh hasil maksimal," ungkap Early Utami.

Kepala SMPIT Ar Raihan itu menilai, kesertaan dalam program PPU merupakan langkahnya untuk mempersiapkan para siswa menghadapi Ujian Nasional lebih dini.

"Saya menyertakan para siswa pada program PPU, tujuannya agar mereka terbiasa dengan soal-soal Ujian Nasional. Pada PPU yang dilangsungkan tanggal 18-21 Januari 2016 lalu, SMPIT Ar Raihan berada pada posisi empat besar untuk hasil PPU sekolah swasta di Kabupaten Bantul," jelas bu guru yang akrab dipanggil Bu Luluk itu. "Peringkat yang diperoleh merupakan titik awal yang diharapkan dapat semakin membangun kepercayaan diri para siswa," lanjutnya.

Bu Luluk menjelaskan, selain mengikuti PPU, tim SMPIT Ar Raihan menyempatkan diri belajar dengan sekolah-sekolah lain. Tim juga melibatkan orang tua dalam perencanaan dan persiapan Ujian Nasional.

"Dengan melibatkan orang tua, saya ingin membangun sebuah cara pandang bahwa keberhasilan merupakan buah dari kerja keras dan ibadah. Oleh karena itu, pada kesempatan tertentu akan digelar doa bersama yang melibatkan siswa, wali siswa, dan guru. Selain itu dibangun pula komitmen bersama untuk pelaksanaan syiar ibadah yang harus dilakukan oleh siswa, wali siswa, dan guru.

Dengan melibakan orang tua, Bu Luluk ingin menciptakan kekompakan dalam menghadapi Ujian Nasional 2016. Dengan kekompakan ini, dia berharap anak dapat benar-benar merasakan dukungan penuh, termasuk dukungan psikologis dari guru dan orang tua. (sb)