23 Nov 2015

Peringati Hari Guru, Camat Imogiri Pembina Upacara di MTs Negeri Giriloyo

BANTUL - Tiga budaya yang harus dikembangkan agar menjadi pribadi sukses adalah budaya disiplin, budaya bersih, dan budaya kerja. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Drs. Sigit Subroto ketika menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru di MTs Negeri Giriloyo, Senin (23/11). Camat Imogiri itu juga berpesan kepada para siswa agar menjaga kesehatan serta berusaha meningkatkan belajar untuk menghadapi UAS yang segera digelar.

Upacara yang dilaksanakan di halaman MTs Negeri Giriloyo tersebut dibuat berbeda. Selain menghadirkan Camat Imogiri sebagai pembina, petugas upacara seluruhnya berasal dari guru dan karyawan. Kamad MTs Negeri Giriloyo, Drs. Surahmanta, menyampaikan bahwa hal itu dilakukan untuk memberi teladan kepada para siswa.

"Biasanya guru dan karyawan menjadi peserta upacara, namun kali ini mereka yang bertugas. Dengan demikian, diharapkan guru dan karyawan mampu menjadi contoh dalam menjalankan upacara," ujar Surahmanta. Dalam upacara tersebut Surahmanta bertugas memainkan piano mengiringi paduan suara.

Mengenai peran guru dalam menjalankan upacara bendera juga dipandang positif oleh Sudarmi, S.Pd. Guru bahasa Inggris itu menyampaikan bahwa tugasnya menjadi protokol tidak mudah. Kendati demikian, Sudarmi mengaku telah berlatih dan bertugas sebaik mungkin. "Tidak mudah menjadi petugas upacara, harus banyak berlatih, terlebih tampil di hadapan siswa," ungkapnya.

Guru lain, Siti Sholichah, menyampaikan hal yang sama. Wakamad bidang kurikulum itu mengungkapkan, hal yang menjadi tuntutan bagi petugas adalah bagaimana menjadi teladan untuk para siswa. "Menjadi petugas upacara saya kira peristiwa biasa, yang luar biasa itu menjadi petugas di hadapan para siswa. Guru dan karyawan dituntut menjadi teladan," jelas Sholihcah.

Upacara tersebut setidaknya akan memberi kesan kepada siswa bahwa guru dan karyawan juga bisa menjadi petugas upacara. Harapannya, pada hari-hari mendatang mereka akan berjuang lebih maksimal untuk menjadi lebih baik.

"Sebagai siswa bangga ternyata bapak/ibu guru dan karyawan juga bisa menjadi petugas upacara," ungkap Fitria. Lebih lanjut Fitria yakin dia dan teman-teman akan lebih bersemangat.

Pada kesempatan itu, siswa kelas IX A tersebut berharap guru dan karyawan MTs Negeri Giriloyo selalu menjalankan tugas dengan baik. "Saya ingin mengucapkan selamat Hari Guru. Semoga guru dan karyawan MTs Negeri Giriloyo senantiasa dilimpahi kesehatan dan semangat sehingga dapat selalu bekerja dengan maksimal dalam berbakti untuk tanah air," tutup Fitria. (sy)