4 Nov 2015

Optimalkan Pelayanan, Perpustakaan MTs Negeri Giriloyo Gandeng Perpusda Bantul

Miftakhul Munir (kanan) bersama tim
sedang memeriksa koleksi Perpusda Bantul.
BANTUL ~ Banyak cara yang dapat dilakukan pustakawan untuk melengkapi koleksi. Salah satunya bekerja sama dengan perpustakaan daerah setempat. Di Bantul misalnya, Perpusda Bantul menyediakan Layanan Paket Perpustakaan Keliling yang dapat diakses oleh sekolah dan madrasah.

Melalui program tersebut, sekolah atau madrasah dapat memanfaatkan koleksi Perpusda Bantul sebagai koleksi temporal di perpustakaannya masing-masing. MTs Negeri Giriloyo mengakses layanan tersebut sejak tahun 2012. “Kerjasama antara MTs Negeri Giriloyo dengan Perpusda Bantul berupa kerjasama Layanan Paket Perpustakaan Keliling. Sebulan sekali, mobil perpustakaan umum akan datang untuk melakukan penukaran Buku Pinjaman Paket,” ujar Miftakhul Munir, S.Pd.

Kepala Perpustakaan MTs Negeri Giriloyo itu memastikan bahwa program Layanan Paket Keliling Perpusda Bantul berdampak terhadap peningkatan jumlah peminjam buku di perpustakaan yang dikelolanya. “Dengan kerjasama ini koleksi buku perpustakaan madrasah jadi lebih banyak dan lengkap. Hasilnya memang cukup mengena, dilihat dari jumlah peminjam yang terus meningkat,” jelasnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Nazilatun Nafidah, siswi MTs Negeri Giriloyo. Kerja sama tersebut membuat koleksi Perpusakaan MTs Negeri Giriloyo lebih lengkap. “Saya senang kalau MTs Negeri Giriloyo bekerja sama dengan Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul. Koleksi buku dari Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul banyak dan bermacam-macam. Saya senang meminjamnya, apalagi jika buku tersebut tidak ada di Perpustakaan Madrasah,” siswi kelas IX tersebut.

Kerja sama Perpustakaan MTs Negeri Giriloyo-Perpusda Bantul mendapat dukungan penuh dari Kepala MTs Negeri Giriloyo, Drs. Surahmanta. Ketika dihubungi (4/11), Surahmana menyampaikan bahwa kerja sama itu terbukti membawa manfaat bagi siswa-siswi MTs Negeri Giriloyo. Oleh karena itu, Surahmanta berharap kerja sama yang terjalin dilanjutkan bahkan ditinggkatkan. “Selama ini kerjasama antara MTs Negeri Giriloyo dengan Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan baik. Kendati demikian, alangkah baiknya jika terus ditigkatkan,” tegasnya. (sy)