14 Okt 2015

Peringati Hijrah, Ar Raihan Bantul Gelar Jalan Santai dan Donor Darah

Peserta menuju garis start.

Tahun ini, genap 1437 tahun perjalanan hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Pelajaran dari perjalanan hijrah tersebut sampai sekarang masih dipetik oleh umat Islam sedunia. Berbagai kegiatan digelar dalam usaha memeriahkan dan mengambil hikmah. Bertepatan dengan peringatan tersebut (14/10), Yayasan Ar Raihan menyelenggarakan jalan sehat sekaligus aksi donor darah.

“Aksi jalan sehat dan donor darah ini memang dimaksudkan untuk memeriahkan peringatan hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah,” aku Early Utami yang beperan sebagai ketua dalam aksi tersebut. “Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi keluarga besar Yayasan Ar Raihan,” lanjut psikolog lulusan Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada itu.

Sementara untuk aksi donor darah, kepala SMPIT Ar Raihan tersebut mengungkapkan, sebagai bentuk kepedulian keluarga besar Ar Raihan kepada masyarakat. “Kami ingin menunjukkan kepedulian dan kasih sayang kepada masyarakat,” kata ibu yang akrab dipanggil Bu Luluk tersebut.

Dihubungi secara terpisah, Sabjan Badio mengungkapkan bahwa panitia juga menggelar berbagai permainan tradisional. “Untuk menarik perhatian para peserta anak-anak, kami membagikan mainan tradisional. Mainan tersebut akan digunakan secara massal nantinya,” ujar Humas Yayasan Ar Raihan yang sekaligus menjadi humas panitia jalan sehat dan donor darah tersebut. “Aksi ini merupakan bentuk kepedulian kami atas mainan tradisional Indonesia,” jelasnya.

Masih menurut Sabjan Badio, panitia mengundang 3000-an peserta yang terdiri atas 985 siswa, 135 guru, dan 2000-an orang tua. Kendati mengerahkan banyak peserta, panitia menargetkan kegiatan dapat berjalan lancar dan tertib. “Kami menekankan para peserta untuk jalan dengan tertib dan menjaga kebersihan,” paparnya lebih lanjut.

Berdasarkan informasi yang diterima kegiatan akan dipusatkan di Lapangan Trirenggo dan akan dibuka pukul 06.00 WIB oleh Pelaksana Tugas Bupati Bantul, Sigit Sapto Raharjo. Para peserta jalan sehat akan melalui rute Lapangan Trirenggo – Jalan Ir. H. Juanda – Jalan R.A. Kartini – Jalan Wahidin Sudirohusodo – Jalan Laksda Adi Sutjipto – Jalan Ir. H. Juanda, untuk kemudian kembali ke Lapangan Trirenggo. Berdasarkan hitungan panitia, kegiatan akan selesai pada pukul 09.00 WIB. [sb]