4 Apr 2015

Media Scanter Perusahaan Pusat Koreksi Lembar Jawab Komputer (LJK)


Foto: mediascanter.co.id

Berbicara Ujian Nasional (UN) di Yogyakarta tentulah bersinggungan dengan perusahaan penyedia layanan koreksi lembar jawab komputer Media Scanter. Menjelang Ujian Nasional, lembaga pendidikan di DI Yogyakarta senantiasa melakukan berbagai persiapan agar para siswa dapat mengikuti UN dengan baik. Persiapan yang dilakukan mulai dari kesiapan materi, mental, fisik, dan berbagai hal lain yang dipandang berkontribusi dalam keberhasilan mengerjakan soal-soal UN.
Di antara persiapan yang secara rutin dilaksanakan adalah Tes Pendalaman Mater (TPM) UN. TPM ini dilaksanakna mulai jenjang SD sederajat hingga SMA sederajat. TPM didesain sedemikian rupa sehingga soal-soal, suasana, dan kelengkapan, mirip dengan UN yang sesungguhnya. Lembar jawab yang digunakan pun adalah lembar jawab komputer (LJK) UN.

Melalui TPM-TPM yang dilaksanakan, sekolah-sekolah dapat semakin mencermati berbagai hal yang dimungkinkan menjadi kendala, seperti kedisiplinan siswa, persiapan belajar siswa, hingga ketelitian siswa. Siswa yang terlupa menulis kode soal, nama, atau identitas lain, secara otomatis hasilnya pun tidak akan muncul. Kode soal, misalnya, jika salah menulis, maka LJK akan dikoreksi berdasarkan kunci yang sesuai dengan kode yang ditulis siswa atau kunci default yang belum tentu cocok dengan soal siswa. Sementara itu, soal yang digunakan pada TPM biasanya terdiri beberapa soal. Bahkan, jika dibuat persis UN, bisa menycapai dua puluh macam soal yang berarti terdapat dua puluh kunci jawaban pula.

Para siswa yang telah selesai mengerjakan soal-soal TPM biasanya berkeinginan mengetahui hasil pekerjaannya. Sekolah-sekolah yang dikooridnasi oleh Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) selama ini senantiasa bekerja sama dengan perusahaan pusat koreksi LJK di Yogyakarta, Media Scanter. Biasanya, perusahaan yang memiliki pelanggan sampai ke luar DI Yogyakarta ini akan menyediakan hasil koreksi langsung pada sore hari terakhir pelaksanaan UN.

Hasil tersebut kemudian didistribusikan melalui laman Facebook Media Scanter, situs, e-mail sekolah, hingga didistribusikan dalam bentuk cetak. Cepatnya pekerjaan Media Scanter inilah di antara penjamin kerja sama MKKS dengan perusahaan tersebut. Hingga tahun 2015 ini terbukti MKKS kabupaten hingga provinsi masih mempercayakan pengoreksian LJK TPM ke perusahaan tersebut. Bedasarkan informasi yang disampaikan melalui situs Media Scanter, setidaknya 45 lembaga/organisasi telah mempercayakan pengoreksian LJK-nya kepada Media Scanter.

Informasi lengkap tentang Media Scanter dapat didapatkan dengan cara mengunjungi perusahaan tersebut di Jalan Tamansiswa No. 162 Yogyakarta atau mengunjungi situs Media Scanter (www.mediascanter.co.id). Sementara itu, komunikasi jarak jauh dapat dilakukan melalui nomor telepon perusahaan, yaitu 0274-374141 dan faksimile 0274-370099.