3 Apr 2015

Kunjungan Kerja MGMP Bahasa Indonesia ke Kedaulatan Rakyat dan Balai Bahasa Yogyakarta


MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul lakukan kunjungan kerja ke Kedaulatan Rakyat dan Balai Bahasa Yogyakarta, Selasa (31/3). Tim berangkat dari MTs Sumberagung pukul 09.00 langsung menuju percetakan Kedaulatan Rakyat yang berlokasi di Jalan Raya Yogya-Solo Km 11, Sleman.  Di percetakan koran yang terbit sejak 27 September 1945 tersebut, tim ditemui oleh Ibu Suci selaku publik relation Kedaulatan Rakyat, Iswantoro, wartawan senior, serta Ruslan, Kepala Bagian Percetakan Kedaulatan Rakyat.

Selain berkeliling percetakan, tim juga mengikuti audiensi di aula percetakan. Rusmantara, Ketua MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa kunjungan tersebut bertujuan pertama, untuk menambah wawasan dunia persuratkabaran, khususnya Kedaulatan Rakyat. Kedua, mengetahui bagaimana proses pembuatan surat kabar mulai dari penerimaan naskah hingga siap cetak. Ketiga, mengetahui proses pencetakan surat kabar.

Selepas kunjungan ke Kedaulatan Rakyat, tim langsung bertolak ke Masjid Syuhada untuk transit. Pukul 12.30 bus yang membawa rombongan pun meluncur ke kantor Balai bahasa Yogyakarta yang beralamat di Jalan I Dewa Nyoman Oka 34 Yogyakarta. Di lembaga ini, tim ditemui oleh jajaran kepala bagian Balai Bahasa Yogyakarta, yaitu Bapak Umar, Bapak Johanes, Ibu Wiwin, serta Heri Sakti Mardiyanto.

Seperti halnya di Kedaulatan Rakyat, audiensi juga dilakukan di Balai Bahasa Yogyakarta. Audiensi yang dimoderatori oleh Mas Azzam tersebut berlangsung seru. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh Bapak/Ibu guru peserta kunjungan. Di antaranya pertanyaan dari Syamsul Ma’arif, guru MTs Negeri Dlingo, “Mengapa tidak ada Hari Bahasa Indonesia?”

Pihak Balai Bahasa Yogyakarta (BBY) sangat terbuka menerima kunjungan tim MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul. Selain menjawab pertanyaan Bapak/Ibu guru, BBY juga mengenalkan produk dan kegiatan mereka. Hal ini sesuai dengan tujuan kunjungan yaitu mengenal BBY sebagai lembaga yang menjaga dan mengembangkan bahasa Indonesia.

Kunjungan diakhiri pukul 14.30 dan bus pun bertolak kembali MTs Negeri Sumberagung. Rina Harwati, sie pengembangan MGMP bahasa Indonesia MTs Kabupaten Bantul mengungkapkan bahwa secara umum kegiatan kunjungan tersebut untuk menjalin silaturahim dan diharapkan di masa mendatang akan ada kerja sama antara MGMP Bahasa Indonesia MTs dengan Kedaulatan Rakyat maupun BBY.  [@sisyuniati]