17 Apr 2015

Kemenag Bantul Gelar Aksara di RA Ar Raihan

Foto: Sugeng Sri Lestari
Kemenag Bantul gelar Aksara tingkat Kabupaten Bantul, Kamis (16/4). Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Kartini tersebut dilaksanakan di RA Ar Raihan Kweden. Kegiatan ini menghadirkan para pemenang Aksara tingkat Bantul Barat, Bantul Tengah, dan Bantul Timur yang telah digelar di RA Averrous (8/4).

Keputusan panitia untuk mengunakan gedung baru RA Ar Raihan bukan tanpa alasan. Lokasi gedung ini cukup strategis dan mudah di jangkau, kira-kira 200 meter di selatan rumah dinas Bupati Bantul. Selain itu, gedung ini belum ditempati oleh RA Ar Raihan untuk kegiatan belajar-mengajar.

“Ruangan gedung RA Ar Raihan masih banyak yang kosong karena memang belum digunakan untuk KBM. Sampai hari ini, kami masih menggunakan gedung lama di Ringinharjo. Jadi, panitia dapat leluasa memanfaatkan gedung tersebut tanpa mengganggu KBM RA Ar Raihan,” ungkap Kepala RA Ar Raihan, Sugeng Sri Lestari.

Dihubungi secara khusus, ketua panitia Aksara Bantul, Supriyati Idi Soepyanto, mengungkapkan bahwa pada kesempatan tersebut 189 siswa akan tampil. Lebih lanjut Kepala RA Mojosari tersebut menguraikan, ke-189 siswa itu akan berkompetisi dalam 7 cabang lomba, yaitu tahfidz putri, sholat berjamaah, adzan, menyanyi solo, senam anak sholeh, tari islami, dan pildacil. Nantinya, para siswa pemenang lomba ini akan dikirimkan pada Aksara tingkat Provinsi DI Yogyakarta yang diselenggarakan pada 25 April 2015.

Aksara atau Ajang Kreativitas Anak Raudhatul Athfal ini dikemas dalam rangka memeriahkan Hari Kartini. Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DI Yogyakarta, Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I., pada dokumen Pengantar Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Aksara 2015 mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Aksara bertujuan mewujudkan pendidikan siswa Raudhatul Athfal yang kreatif, mandiri, dan kompetitif. [SB]