11 Des 2014

MTsN Giriloyo Juara Jurnalistik se-Imogiri

BANTUL~ Mudzakir, seorang penggurah dari Dusun Giriloyo bertutur tentang kehidupannya. Sejak kecil sudah menjadi yatim, tidak bisa melanjutkan SMA lantaran tidak ada biaya. Pernah merantau ke beberapa daerah, akhirnya menjadi penggurah. Kerja kerasnya dalam membesarkan ketujuh putra-putrinya menjadikan kisah hidup Mudzakir penuh inspirasi. Profil Mudzakir inilah yang mengantarkan Nazilatun Nafidah dan Fitria Hidayati menjuarai Lomba Jurnalistik Tingkat SMP/MTs. se-Kecamatan Imogiri.

Lomba Jurnalistik tersebut digelar dalam rangka HUT KORPRI ke-43. Lomba yang diadakan sejak Jumat-Rabu (7-19/11) itu diikuti oleh 36 siswa dari SMP/MTs se-Kecamatan Imogiri. Sebelumnya, seluruh peserta lomba mengikuti Pelatihan Penulisan Jurnalistik (7/11) di Pendopo Kecamatan Imogiri.

Nazilatun Nafidah dan Fitria Hidayati.
Foto: Syakroni
Dalam pelatihan, siswa diberi motivasi pentingnya menulis dan diajari bagaimana menulis profil. Hadir sebagai pembicara Sekretaris Camat Imogiri Rudi Suharno MM.  Usai pelatihan, siswa diwajibkan mengikuti lomba menuliskan profil seorang tokoh masyarakat yang telah berkiprah untuk masyarakat, khususnya Kecamatan Imogiri.

Dari perlombaan tersebut MTs Negeri Giriloyo meraih juara 1, disusul SMP Muhammadyah Imogiri, dan SMP Negeri 1 Imogiri. Pengumuman pemenang dilaksanakan Jumat (21/11) di Gazebo Giriloyo dalam acara Jalan Sehat PNS se-Kecamatan Imogiri. Atas capaian tersebut Drs Surahmanta selaku Kepala MTs Negeri Giriloyo merasa bangga dan berharap budaya menulis terus dipupuk dan dikembangkan oleh siswa, khususnya di MTs Negeri Giriloyo. [@sisyuniati/yogyakarta.kemenag.go.id]