31 Des 2014

Gunakan Powerpoint Siska Yuniati Menangkan Lomba Media Pembelajaran Kemenag DIY


Siapa yang tidak kenal media presentasi PowerPoint? Program rancangan Microsoft ini telah begitu familier bagi guru di tanah air. Hanya saja, tidak semua guru mengetahui bahwa program ini dapat menyajikan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Inilah yang coba-tunjukkan oleh Siska Yuniati, guru bahasa Indonesia MAU Al Imdad Bantul.

Berbekal ilmu yang didapat dari pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan PowerPoint yang diselenggarakan Pustekkom Kemdikbud, Siska Yuniati merancang media pembelajarannya sendiri. Guru MAU Al Imdad ini merancang media pembelajaran untuk materi mendengarkan, yaitu menentukan fakta dan opini dari sebuah berita. Media ini kemudian dicobakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan menunjukkan peran yang positif. Para siswa terlihat antusias menggunakan media ini.

"Para siswa yang sekaligus santri memiliki target yang cukup berat dalam belajarnya. Media ini, selain berfungsi dalam pembelajaran sekaligus merupakan hiburan bagi siswa. Saya berusaha mendesainnya sebaik mungkin agar siswa tertarik. Selain itu, sesuai tuntutan SK-KD, saya juga menghadirkan berita yang saya ambil dari televisi yang juga menimbulkan daya tarik tersendiri bagi siswa. Mereka selama di pondok kan tidak diizinkan menonton televisi. Jadi, sajian audio-visual adalah materi yang sangat dinanti-nantikan siswa," ujar Siska.

Hanya saja, menurut Siska Yuniati, ada keterbatasan dari pemanfaatan media ini. Media yang dirancang interaktif tersebut hanya dapat digunakan secara maksimal jika tiap-tiap siswa menggunakan komputer atau laptop sendiri. Oleh karena katerbatasan peralatan, Siska  menggunakan proyektor sehingga siswa hanya dapat menonton. Dengan begitu nilai keinteraktifannya berkurang.

Walaupun begitu, Siska Yuniati cukup puas dengan respons para siswanya. Terlebih lagi, media yang dirancangnya tersebut menjadi finalis lomba pembuatan media pembelajaran yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kanwil Yogyakarta. Setelah mempertahankan produknya di hadapan dewa juri pada Jumat (29/12/2014) silam, Siska Yuniati pun dinyatakan meraih juara 2. [@sabjanbadio]